Insiden Penurunan Bendera RRC di Ternate




Kronologis penurunan bendera RRC oleh Sertu Mar Agung Priyantoro angota Sintel Lanal Ternate. atas perintah Pasintel Lanal Ternate Mayor Laut (P) Harwoko Aji. Pada hari Jumat tanggal 25 November 2016 di dermaga PT Wanatiara Persada disela-sela peresmian Smelther PT WANATIARA PRESADA di Pulau Obi.


Pukul 08.30 Wit. Telah tiba KM Sumber Raya 04 yang membawa Rombongan Gubernur dan Perwakilan Forkopimda Maluku Utara. Disaat kapal merapat ada informasi tentang pengibaran bendera RRC, yang posisinya sejajar dengan bendera Indonesia dan ukuranya lebih besar daripada ukuran bendera Indonesia.


Sebelum kapal KM Sumber Raya 04 sudah terjadi insiden dan ketegangan saat berupaya menurunkan bendera China tersebut oleh pihak Wartawan. Namun dicegah oleh karyawan lapangan WNA (China) PT Wanatiara Persada dan Kapolres Halsel. Dengan maksud agar diturunkan sendiri oleh orang China sendiri supaya tidak terjadi permasalahan yang lebih besar.


Dan Saat itu juga terdengar dari laporan Chief of Security PT Wanatiara Persada a.n Bapak Slamet, bahwasanya di lokasi acara juga terpasang bendera yang serupa. Pasintel Lanal Ternate, Mayor Laut (P) Harwoko Aji berinisiatif memerintahkan Sertu Mar Agung Priyantoro untuk meluncur terlebih dahulu menuju ke lokasi acara, sampai di lokasi bendera RRC yang terpasang sedang proses diturunkan oleh Security PT Wanatiara Persada.


Pukul 09.00 wit Pasintel Lanal Ternate bersama Kasi Intel Korem 152 Babullah, Mayor Arm Suyikno bergerak menuju lokasi acara.


Pukul 09.00 wit Pasintel Lanal Ternate melaksanakan elisitasi ke Chief of Security PT Wanatiara Persada, Bpk Slamet tentang kronologis dikibarkanya bendera RRC tsb. Disela-sela elisitasi Chief of Security menerima panggilan lewat HT dan disampaikan oleh rekan kerjanya bahwasanya bendera di dermaga masih belum diturunkan.


Pukul 09.10 Wit Pasintel Lanal Ternate memerintahkan Sertu Mar Agung Priyantoro untuk menuju ke dermaga dan perintahkan untuk diturunkan. Diikuti dengan Kasi Intel Korem 152 Babullah.


Pukul 09.18 Wit Pasintel berusaha menghubungi Danlanal Ternate untuk malaporkan kejadian pengibaran bendera RRC tsb. Dan diperintahkan untuk menyusun Kronologis.




09.30 WIT Sertu Mar Agung Priyantoro dan Kasi Intel Korem 152 Babullah menurunkan bendera RRC tersebut.


Catatan:
Bendera RRC diturunkan oleh Sertu Mar Agung priyantoro atas perintah Pasintel Lanal Ternate Mayor Laut (P) Harwoko Aji.


Karena Pengibaran bendera RRC menyalahi aturan yaitu :


1. UU NO 41 tahun 1958. tentang Lambang Negara.
2. Dikibarkan sejajar dengan bendera kebangsaan Indonesia.
3. Ukuran bendera RRC lebih besar dibandingkan dengan Bendera Merah Putih.
4. Dikibarkan di tempat umum.


Jajaran yang menyaksikan :
1. Kasintel Korem 152 babullah Mayor Arm Suyikno.
2. Anggota Polres Halmahera Selatan.
3.Perwakilan dr BINDA Malut Mayor Awedy.
4. Pasintel Lanal Ternate Mayor Laut (P) Harwoko Aji.
5. ADC Gubernur Maluku Utara Serka Bek Cepi Sutisna.


Dalam insiden tersebut PT WANATIARA PERSADA bertangung jawab dengan meminta maaf atas kejadian pengibaran bendera RRC tersebut.


Demikian sebagai laporan. [citizenj]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Insiden Penurunan Bendera RRC di Ternate"

Posting Komentar