Kata Megawati: Kalau Mau Islam jangan Jadi Orang Arab



Pancasila harus dijadikan 'the way of life' agar bangsa Indonesia tidak kehilangan jati dirinya. Begitu ditekankan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri dalam pidato politiknya saat HUT ke-44 PDIP di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (10/1).


Megawati menegaskan, ada tiga poin atau Trisila penting dari Pancasila.


Pertama, sebut Megawati, sosio-nasionalisme yang merupakan perasan dari kebangsaan dan internasionalisme, kebangsaan dan peri kemanusiaan.

Kedua sosial demokrasi. Ini bukan berarti demokrasi dari bangsa barat. Tapi demokrasi yang melekat dengan kesejahteraan sosial.


Terakhir, lanjut Megawati, adalah ketuhanan. Menurut Megawati, bukan berarti ketuhanan derajatnya paling bawah. Tapi justru ketuhanan harus dijadikan pondasi kebangsan ekonomi dan politik.


"Tanpa ketuhanan bangsa pasti oleng. Ketuhanan yang dimaksud adalah Ketuhanan dengan cara berkebudayaan dan berkeadaban; dengan saling hormat menghormati satu dengan yang lain, dengan tetap tidak kehilangan karakter dan identitas sebagai bangsa Indonesia," urai Megawati.


Menurut Megawati, untuk mencapai landasan itu butuh Pancasila dan pemerintahan stabil. Mengutip kata-kata Presiden Soekarno, imbuh Megawati Indonesia seharusnya mempertahankan pelbagai budaya dan adat istiadat.


"Bung Karno bilang jadi Hindu jangan jadi India, mau jadi orang Islam jangan jadi orang Arab. Kalau mau Kristen jadi jadi orang Yahudi. Tetap jadi orang Indoneia dengan adat budaya yang kaya raya," ulas Megawati. [beritaislam24h.net / rmol]


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kata Megawati: Kalau Mau Islam jangan Jadi Orang Arab"

Posting Komentar